Di antara sifat orang-orang yang akan Allah naungi kelak di hari kiamat adalah orang-orang yang melakukan kebaikan tanpa diketahui oleh orang lain.

Dalam hadits, Rasulullah bersabda “Sesungguhnya sebaik-baik shalat yg dilakukan seseorang adalah shalat yg dilakukan di rumahnya kecuali shalat wajib.”(HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah menyatakan bahwa sebaik-baik shalat adalah shalat yang dilakukan di rumah kecuali shalat wajib, karena hal ini lebih melatih dan mendorong seseorang untuk ikhlas.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah dalam Syarah Riyadush Sholihin menyatakan: “di antara sebabnya adalah karena shalat (sunnah) yang dilakukan di rumah lebih jauh dari riya, karena seseorang yang shalat (sunnah) di mesjid dilihat oleh manusia, dan kadang di hatinya pun timbul riya, sedang orang yang shalat (sunnah) di rumahnya maka lebih dekat dengan keikhlasan.”

Basyr bin Al Harits berkata “Janganlah beramal agar engkau disebut-sebut, sembunyikanlah kebaikanmu sebagaimana engkau menyembunyikan keburukanmu.”

(Kiriman Safitri melalui email tanggal 9 Mei 2011)