Setiap hari Sabtu Dhika pergi kerja menggunakan motor ke daerah Perumnas II. Pulang kerja pukul 11.30, Dhika akan langsung kuliah di daerah Kebon Jeruk.
Hari ini, 21 Mei 2011, Mama merencanakan akan mengantar Ibu naik mobil ke Kebon Jeruk pada siang hari yang letaknya berdekatan dengan kampus Dhika.

Mendengar rencana mama akan ke kampus, Dhika yang kebetulan merasa capek dan hanya akan kuliah 1 matakuliah berfikir untuk ikut mama ke Kebon Jeruk. Bagaimana caranya? Disepakati sebagai berikut (1) Dhika ke kantor naik motor (2) Pukul 11.00 papa akan ikut mobil mama bertemu dengan Dhika di depan Rumah Sakit Qodr- Islamic Village Tangerang  – diperkirakan Dhika akan tiba di lokasi pertemuan pukul 11.30 (3) Papa akan pulang kerumah pakai motor dan dhika akan ikut mama ke Kebon Jeruk untuk kuliah

Pagi hari sebelum berangkat Dhika titip tas kuliah kepada mama untuk dibawa di mobil (biasanya tas kuliah dibawa dhika ke kantor kalau akan langsung kuliah naik motor) dan mamanya menjawab “Iya”.

Ternyata “tas yang dititipkan tidak dibawa”. Bagaimana reaksi Dhika setelah tiba di kampus dan tahu bahwa tas yang bersisi buku tidak dibawa mama ? Lalu, bagaimana reaksi Mama menanggapi reaksi Dhika ?

Orang bijak selalu mengatakan “Dhika jangan emosi atau marah karena mama bisa saja lupa atau kalau Dhika marah, mama tidak perlu menanggpi dengan emosi tapi katakan maaf karena lupa”. Kalau kejadian diatas atau seperti diatas terjadi satu kali, maka ajaran/petuah emosi akan efektif untuk meredam munculnya konflik. Namun kalau terhadi berulang-ulang maka petuah bijak diatas tampaknya akan tidak efektif lagi.

Kuncilnya adalah bukan bagaimana MENGENDALIKAN  “Rasa tidak nyaman atau konflik” tapi MENGHINDARI munculnya “rasa tidak nyaman/konflik” yaitu :
(1) Pertimbangkan dengan bijak “apakah sebuah tugas/pekerjaan harus dikerjakan sendiri atau minta orang lain yang harus mengerjakannya”
(2) Kenali Tanggung jawab dan Tugas orang lain
(3) Delegasikan tugas kepada orang lain yang tepat
(4) Monitor secara periodik pekerjaan yang didelegasikan ke orang lain
(5) Apabila menerima tugas, segera lakukan atau apabila harus dilakukan menunggu prioritas gunakan media untuk mengingatkan

Semoga Bermanfaat