Menurut ahli gizi klinik, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, setiap orang harus menerapkan pola hidup sehat dan bugar.
Pola hidup sehat dan bugar berarti kita harus melakukan 5S yaitu (1) Makan Sehat, (2) Berpikir Sehat (3) Istirahat Sehat (4) Aktivitas Sehat dan (5) Lingkungan Sehat.

Dalam hal Makan Sehat, kita harus memperhatikan tiga hal yaitu (1)  jumlah (2) jadwal dan (3) jenis makanan.  Dibulan ramadhan ini, ada beberapa tips sederhana untuk menjaga lambung tetap sehat selama puasa.
TIPS SEHAT SAHUR:
1. Sahurlah mendekati imsak.
2. Makanlah makanan yg mudah dicerna, misal; sedikit nasi, telur, sayur, tempe/tahu.
3. Minumlah air hangat atau jus buah segar.
4. Jangan langsung beraktivitas berat atau kembali tidur setelah sahur. Beri waktu(30 menit) makanan masuk ke pencernaan dg sempurna.

TIPS SEHAT BERBUKA:
1. Segerakan berbuka dengan minum air putih.
2. Utamakan makanan yg manis atau kurma seperti yg dianjurkan nabi.
3. Satu jam kemudian, makanlah makanan yg padat dan lengkap secukupnya.
4. Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pencernaan
(Kiriman Yetty Bachtiar- Alumni 24-74)