‎​​​
UCAPAN VERSI 1
“Selamat Idhul Fitri
Taqobbal Allahu minna wa minkum”
(Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

UCAPAN VERSI 2
As.wr.wb kami menghaturkan selamat hari iedul fitri, 1 syawal 1432H. Mohon maaf atas segala kekhilafan, yang disengaja ataupun yg tidak disengaja, “TAQOBALLAHU MINNA WA MINKUM, SHIAMANA WA SHIAMAKUM, MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN..”‎​
UCAPAN VERSI 3
Assalamualaikum w.w saya dan keluarga mengucapkan :
“SELAMAT IEDUL FITRI 1432 H. TAQOBBALALLAH MINNA WA MINKUM, TAQOBBALALLAH YA KARIIM..
MINAL A’IEDIN WALFA’IZIN, MOHON MA’AF LAHIR dan BATHIN”,
Semoga kita dipanjangkan ibadah, diberi ni’mat sehat walafiat, diberikan rizki yang selalu halal dan berkah, serta dapat dijauhkan dari segala kedzoliman dan bencana, Aamiin

UCAPAN VERSI 4
Asslm wr.wb. Attention Please. Diberitahukan kepada para Penumpang RAMADHAN AIR Flight No. RA 1432 H,Sebentar lagi kita akan mendarat di Bandara Internasional IDUL FITRI…

Ketinggian jelajah amal masih DILIPAT GANDAKAN…
Saat ini Cuaca kurang baik, Petasan semakin ramai,mesjid mendadak sepi, jalan raya-mall & Plaza semakin hingar bingar…

Untuk itu Tetaplah berada di tempat duduk MASJID anda, Kencangkan sabuk keIMANan, lipat meja nafsu & syahwat, tegakkan sholat Malam, perbanyak sedekah & jangan lupa bayar Zakat Fitrah….
a.n awak kabin yg bertugas kami Pilot TAQWA, pramugari FITRI-JANNAH & NA’IM mengucapkan TAKBIR dan sampai bertemu dalam penerbangan selanjutnya Flight No. RA 1433 H. MINAL ‘AIDIN WAL FAIZIN mohon maaf Lahir dan bathin.

UCAPAN VERSI 5
‎​Lebaran kurang 2 hari lagi ªků ingin jadi oRang pertama yang miNta maaf.
• untuk orang yang MENYAYANGI ku : makasih telah membuatku menjadi orang yang begitu sempurna dimatamu ..
• untuk orang yang MENYAKITI ku : ​-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ telah mengajarkanku arti kesabaran dan semoga kamu tidak pernah merasakan sakit yang aku rasakan ..
• untuk orang yang  pernah aku SAKITI : maafkanlah kekhilafanku.. aku hanyalah manusia yang jauh dari kesempurnaan ..
• untuk SAHABAT ku : mungkin kita memiliki banyak perbedaan, namun gak dapat dipungkiri lagi kalau aku sangat membutuhkanmu ..
• untuk orang yang menganggapku SAUDARA : makasih telah menyayangiku seikhlas hatimu , memberi kasih sayang dan perhatian kepada kehidupanku …

мąąƒiή yaa…

Taqabalallahu minna wa minkum…
Selamat hari Raya Iedul Fitri 1432 H

UCAPAN VERSI 6 – Ucapan dari Kami dengan mencantumkan nama penerima (xxx)
Apabila selama ini kita memiliki banyak perbedaan, namun tidak  dapat dipungkiri lagi kalau Aziz, Fitri, Andhit dan Andhika masih sangat membutuhkan xxx sebagai SAHABAT dan SAUDARA dalam Islam dan Iman

Aziz dan Keluarga sangat berterima kasih karena selama ini xxx telah tetap menyayangi dengan ikhlas dan memberi perhatian kepada kehidupan Aziz dan keluarga

Apabila ucapan, sikap dan tindakan Aziz dan keluarga pernah membuat hati xxx merasa marah, kecewa, dendam, mohon keikhlasan untuk memafkan (forgive) kekhilafan Aziz dan keluarga dan mohon untuk dihilangkan/dilupakan (forgot) karena Aziz dan keluarga hanyalah manusia yang jauh dari kesempurnaan dan semoga ketika kembali kepada Allah tidak ada lagi beban diantara kita.

Taqabalallahu minna wa minkum…
Selamat Iedul Fitri 1432 H

TANGGAPAN  ATAS BERBAGAI UCAPAN – dr Arief Lukman
Seiiring dengan akan datangnya Idhul Fitri, sering kita dengar tersebar ucapan:
“Mohon Maaf Lahir dan Batin”
Seolah-olah saat Idul Fithri hanya khusus dengan ucapan semacam itu. Ini sungguh salah kaprah, sebab Idul Fithri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan. Memaafkan bisa kapan saja tidak terpaku dihari Idhul Fitri.
Selain itu tidak ada satu ayat Quran ataupun suatu Hadist yg menunjukan keharusan mengucapkan “Mohon Maaf Lahir dan Batin” disaat Idhul Fitri.

Satu lagi, ucapan yang keliru saat Idul Fithri, yakni ucapan:
“Minal ‘Aidin wal Faizin”
Arti dari ucapan tersebut adalah:
“Kita kembali dan meraih kemenangan”

KITA MAU KEMBALI KEMANA?
Apa pada ketaatan atau maksiat?

Meraih kemenangan?
Kemenangan apa? Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat maksiat?

Satu hal lagi yang mesti dipahami, setiap kali ada yang ucapkan
“Minal ‘Aidin wal Faizin”
lantas diikuti dengan kalimat
“Mohon Maaf Lahir dan Batin”.
Karena mungkin kita mengira artinya adalah kalimat selanjutnya.
Ini sungguh keliru.
Sekali lagi makna kalimat “Minal ‘Aidin wal Faizin” adalah “Kita kembali dan meraih kemenangan”

Dan sebagaimana diterangkan di atas, dari sisi makna kalimat ini keliru sehingga sudah sepantasnya kita hindari.
Ucapan yang lebih baik dan dicontohkan langsung oleh para sahabat nabi, yaitu:

“Taqobbal Allahu minna wa minkum”
(Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)

Jadi lebih baik, ucapan/SMS/BBM kita :

“Selamat Hari Raya Idhul Fitri
Taqobbal Allahu minna wa minkum”
(Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)

Semoga risalah ini bermanfaat dan bisa meluruskan kekeliruan yang selama ini terjadi.
Selain dari berbagai ucapan yang kami terima serta tanggapan dari sahabat dr Arief Lukman, kami juga menerima berbagai versi jawaban

JAWABAN VERSI 1 (Singkat)
(1) Sama2 pak Aziz, Linda dan keluarga mohon maaf lahir bathin
(2) Sama2, Rahman dan Keluarga mengucapkan minal aidin wal faizin. Selamat Idul Fitri 1432 H.Mohon maaf lahir bathin
(2) Sama2 bu, selamat lebaran, maaf lahir dan bathin juga. Salam buat keluarga (bu Win)
(3) Sama2 pa/bu.. Taqobbalala\lahu mina wa minkum (Abduh)
(4) Taqabballahu minna wa minkum… Selamat Iedul Fitri 1432 H mohon dimaaafkan juga pak, jika selama ini ada hal-hal yang kurang menyenangkan, semoga Tuhan memberikan petunjukanya buat kita, amin (Hasyim)
(5) Waktu mengalir bagai air, Ramadhan suci akan berakhir… Untuk salah yang pernah ada… Khilaf yang sempat terucap.. Mohon dibukakan pintu maaf. Taqabballahu minna wa minkum,kulla aamin wa antum bi khoir. Taqobbal yaa karim… (Faisal)
(6) Sama2 bu kami juga Puzar sekeluarga mohon maaf khususnya saya pribadi “Minal aidin wal faizin”
(7) Sama2 ya bu n bapak . Semoga Allah melimpahkan kebaikan dan kebajika pada kita semua dan kita kembali fitrahnya .. Amiin (Ami)
(8) Sama2 bu. Manusia tempat slah dan dosa. Mohon maaf juga bila saya dan keluarga ada keslahan baik yang disengaja maupun yang tidak . Kullu’aamin waatum bikhoir

JAWABAN VERSI 2 (Panjang)
‎(1) Saya juga mohon dibukakan pintu maaf yang seluas luasnya apabila saya ketika bersama bapak Aziz beserta keluarga berkata atau melakukan tindakan yang kurang berkenan dihati bapak dan keluarga, terus terang saya selalu rindu akan kasih sayang bapak dan ibu, Semoga Allah SWT… berkenan melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya kepada Bapak dan kelaurga…Amiin. Selamat Iedul fitri 1432 H, mohon maaf lahir bathin (Leman)

(2) Manusia memang tak sempurna tapi kami merasa pak aziz dan Bu Fitri adalah Leader sejatu, justru banyak hal kmai peroleh via pak Aziz dan bu Fitri, Mohon maaf lahir bathin, Semoga kita masih bertemu ranadhan tahunh depan (Ati – Lampung)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

(2) Tidak banyak temen saya yang, bila saya mampu, saya ingin berbuat lebih banyak untuk mereka…
dan juga tidak banyak temen yg saya merasakan kasih sayang mereka yang tulus kepada saya…

Kepada teman dalam kelompok yang pertama, ingin sekali saya mengatakan “any time you need me, all you should do is just call me” dan saya sangat berusaha untuk bener2 bisa seperti itu…
Kepada kelompok kedua saya sangat berterimakasih krn tanpa mereka saya tdk akan tumbuh sampai seperti sekarang ini, dan saya senantiasa berdoa semoga Allah memberikan kepada mereka balasan yang berlipat ganda dan semoga selalu berada dalam rahmat Allah….
To tell the truth, Aziz ada di dalam kedua kelompok teman itu…
Tapi saya mohon maaf karena ternyata sejauh ini saya hanya bisa berpangku tangan….
Saya hanya bisa menatap dari jauh, dan hanya bisa mengangkatkan tangan saya untuk berdoa untuk kebaikan mereka di dunia dan akhirat…. Semoga Allah mengampuni saya atas ketidakmampuan ini…. Selanjutnya,kami jg mengucapkan Selamat Idul Fitri, dan mhn maaf lahir batin….
Semoga semua ibadah wajib/sunat selama Ramadhan dan 11 bulan lain diterima Allah SWT, serta diberi kesempatan utk menggapai Ramadhan yg akan datang, dan diberi kekuatan utk meningkatkan kuantitas/kualitas ibadah kita…. Wass. ww (Prof Hakim Halim)

TANGGAPAN VERSI 3 (Panjang Menggantung)  – Yanwar Ramadhan.,SE.,Ak.,MM
Iya sama-sama pak Aziz, selaku umat muslim, sy jg mhn maaf lahir & batin. Alangkah baiknya yg menjadi tanggungan/kewajiban kita dpt diselesaikan dg baik, sehingga tdk menjadi beban di kemudian hari. Semoga Idul Fitri ini membawa hikmah utk kita semua. Aamiin. Wasswrwb.
Powered by Telkomsel BlackBerry® 29 Agustus 2011, 14:42

Tanggapan saya – Powered by Telkomsel BlackBerry® 29 Agustus 2011, 15:10
Tanggapan pak Yanwar – Powered by Telkomsel BlackBerry®, 29 Agustu 2011, 17:06
Tanggapan saya – Powered by Telkomsel BlackBerry® 29 Agustus, 17:13
Tanggapan pak Yanwar – Powered by Telkomsel BlackBerry®, 29 Agustus 2011, 17:48
Tanggapan saya – Powered by Telkomsel BlackBerry®, 30 Agustus 04:50
Tanggapan pak Yanwar – Powered by Telkomsel BlackBerry®, 30 Agustus 06:00
Tanggapan saya – Powered by Telkomsel BlackBerry®. 3- Agustus 06:18