Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menganjurkan setiap Muslim untuk mensyukuri seluruh 360 ruas tulang yang Allah ta’aala telah berikan ke dalam tubuhnya.

Bentuk rasa berterimakasih itu diungkapkan dalam bentuk bersedekah untuk setiap ruas tulang tersebut melalui shalat, Mengapa ?
Shalat ternyata menggerrakkan seluruh tulang tulang kita  ruas yang terkecil di dalam tulang belakang kita pun semua ikut bergerak, inilah bentuk syukur kita kepada Allah artinya kita memelihara kesehatan ruas tulang tulang kita.

Mengapa pada shalat Dhuha ? Hal ini sangat logis karena sholat dhuha dilakukan pada pagi hari ketika kita belum banyak melakukan aktivitas. Ruas ruas tulang yang sebelumnya digunakan untuk tidur tentunya mengalami kekakuan dan dengan sholat 2 rakaat saja  tulang kita akan mengalami peregangan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Ibarat kita hendak naik motor atau mobil kita panaskan dulu mesinnnya sebelum kita gunakan untuk berjalan.
( Dikutip dari Setyo Purwanto dan untuk mengatahui lebih ditail baca lebih lanjut di http://solospiritislam.com/tips-sedekah-dengan-sholat-dhuha/)