A. DESKRIPSI
Matakuliah ini mngenalkan konsep statistik yang umum digunakan oleh manager dalam  membuat keputusan. Dengan mengikuti9 kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berfikir dalam menyajikan dan menginterpretasi data .

B.  TUJUAN MATAKULIAH
Setelah mengikuti perkuliahan Business Statistics 1, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan :

B.1 HARD SKILLS (berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif)
Mahasiswa mampu memanfaatkan konsep dan metode statistik yang telah dipelajari untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ditemui sehari-hari khususnya di bidang bisnis.

Untuk tujuan tersebut, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kompetensi sebagai berikut :
1. Mampu menjelaskan pengertian dasar statistik, jenis data dan bagaimana memperoleh data
2. Mampu mengolah, menyajikan dan menginterpretasikan data statistik baik secara tabular, grafis, maupun numerik
3. Mampu memanfaatkan software statistik sederhana untuk mengolah dan menyajikan data statistik
4. Mampu menghitung dan menginterpretasikan angka indeks serta menggunakannya untuk memperhitungkan nilai riil
5. Mampu melakukan forecasting terhadap data time series
6. Mampu menentukan probabilitas atas suatu kejadian
7. Mampu menerapkan konsep probabilitas dalam proses pengambilan keputusan
8. Mampu menghitung nilai probabilitas pada kasus berdistribusi probabilitas diskrit
9. Mampu menghitung nilai probabilitas pada kasus berdistribusi probabilitas normal

B.2. SOFT SKILLS (berkaitan dengan pengembangan kepribadian)
1. Intrepersonal Skills , Self confident, Ethiscs and honesty, creativity, Goal setting, Lerning skill, Time Management and Stress management
2. Interpersonal skill- Communication, Teamworks. Logix/sritical thinking, Presentation skill

C. METODA PEMBELAJARAN – Perkuliahan, Diskusi kelas, Experiental learning, Guided teaching, Pembahasan kasus, Self and collaborative learning, problem based learing, proyek kelompok, Mid-test dan Final test

D. TATA CARA PERKULIAHAN

  1. Perkuliahan akan dilakukan dalam 14 kali pertemuan ditambah 2 kali ujian yakni: Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester (UAS).
  2. Pokok bahasan untuk setiap pertemuan disusun sesuai jadwal. Mahasiswa diharapkan berperan aktif dan berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran untuk mewujudkan student center learning. Mahasiswa akan diberikan kesempatan secara bergiliran untuk mempresentasikan pemahaman terhadap topik-topik perkuliahan.
  3. Untuk mencapai tujuan perkuliahan, kegiatan perkuliahan akan diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan individu untuk bekerja dalam suatu tim, mempertajam kemampuan analisis, mengembangkan kemampuan berdiskusi, serta mengemukakan pendapat dan berargumentasi secara baik dalam suatu forum.

E. REFERENSI
Buku wajib :
1. Douglas A.Lind, William G.Marchal, Samuel A.Wathen, Statistical Techniques in Business & Economics with Global Data Sets, 13th edition, 2008, McGraw-Hill. (Lind)

Referensi penunjang :
1. James T. McClave, P. George Benson, Terry Sincich, Statistics for Business & Economics, 10th edition, 2008, Pearson. (Clave)
2. David R. Anderson, et al, Statistics for Business and Economics, 10th edition, 2008, Cengage. (Anders)
3. David M. Levine, et al, Statistics for Managers: Using Microsoft Excel, 5th edition, Pearson, 2008. (Levin)
4. Jurnal,  buku, majalah, maupun artikel pada website yang dianggap relefan

F. TUGAS MATAKULIAH
1. Tugas perkuliahan akan diberikan secara berkala, baik tugas individu ataupun tugas kelompok dan harus dikumpulkan pada waktu dan media yang telah ditentukan untuk mendapatkan nilai optimal.
2. Business Statistics
Project adalah suatu bentuk penugasan yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester, namun paling lambat setiap 3 minggu sekali masing-masing tim diwajibkan menyampaikan progress report (merupakan salah satu komponen penilaian selain makalah, dan presentasi). Proses dan mekanisme project ini secara detail akan disampaikan kemudian.
3. Pihak kampus (dalam hal ini diwakili oleh dosen pengampu matakuliah Innovation Management) dapat mempublikasikan hasil karya mahasiswa/kelompok mahasiswa untuk tujuan ilmu pengetahuan, dengan tetap mencantumkan identitas pemilik hasil karya tersebut.
4. Mahasiswa akan diberi kesempatan berdiskusi dan mempresentasikan tugas kelompoknya masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Mahasiswa akan mendapatkan kuis berkala (dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya).

G. JADWAL KULIAH dan TATA TERTIB PERKULIAHAN
1. Senin 11.00 – 13.30 (kelas E1) Rekap nilai intr statistics 2 kelas pkl 11.00 april

2. Senin 14.00 – 15.30 (kelas F1) Rekap nilai intr statistics kelas pkl 14 tgl 2 april

  1. Mahasiswa yang melanggar tata tertib ujian maka akan dinyatakan gugur, tidak sah dan kepadanya diberikan sanksi akademik. Tidak ada toleransi terhadap kecurangan akademik (termasuk mencontek pada saat ujian dan atau melakukan penjipakan/plagiarisme) akan dinyatakan gagal dalam matakuliah ini dan mendapatkan nilai E.
  2. Mahasiswa diwajibkan hadir tepat waktu, lewat dari batas waktu mahasiswa boleh mengikuti perkuliahan tapi tetap dianggap tidak hadir (absen).
  3. Jumlah maksimal ketidakhadiran adalah 3 kali (termasuk sakit, ijin, dan berbagai alasan lainnya), jika tidak maka mahasiswa yang bersangkutan kehilangan haknya untuk mengikuti UAS dan nilai UAS otomatis terhitung nol.
  4. Mahasiswa diperbolehkan mengikuti ujian susulan hanya jika berhalangan hadir ujian dengan alasan:
    1. Sakit. Didukung dengan Surat Keterangan Rawat Inap dari Rumah Sakit (bukan hanya Surat Keterangan Sakit dari dokter), atau
    2. Ada kerabat dari lingkungan keluarga terdekat yang meninggal.

Serta memperoleh Surat Persetujuan Mengikuti Ujian Susulan dari Ketua Program Studi (atau sesuai peraturan yang berlaku pada Universitas).

H. PLAGIRISME
Penjiplakan (Plagiarisme) adalah menyertakan kata-kata/kalimat/ide orang lain (termasuk hasil pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin/mengkopi dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain) sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya ke dalam suatu makalah atau tulisan. Penyertaan kata-kata/kalimat dari penulis lain diperkenankan sepanjang menyebutkan sumbernya. Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian lain dengan tanpa menyebutkan sumbernya.

I. KRITERIA PENILAIAN
Nilai akhir ditentukan dengan memperhitungkan komponen sebagai berikut:
Ujian Tengah Semester (UTS) 30%, Ujian Akhir Semester (UAS)  40%, Tugas (paper+presentasi+dll) 20%, Keaktifan + kuis10%

J. TOPIK
1. An intridubtion (chapter 1- week 1) Chap001- gnp umn 20 feb [Compatibility Mode]
2. describing data – frequency tables, frequency distribustions and grafic presentation (Chapter 2- week 2) Chap002 [Compatibility Mode]
3. Describing data – Numerical measures, diplaying and ecploring data  ( Chapter 3,4- week 3,4,5) Chap003 [Compatibility Mode] Chap004 [Compatibility Mode]
4. Index number (Chapter 15- week 6) Chap015 [Compatibility Mode]
5. Times series and Forecasting ( Chapter 16-week 7)
6. A survey pf probability concepts (Chapter 5 – weeks 8,9)
7. Discrete probability function (chapter 6- week 10)
8. Continuos probability funstion (chapter 7- week 11)
9. Sampling methods and the central limit theorem (chapter 8- week 12)
10. An introduction to desicion theory (chapter 20- weeks 13)